Salah satu perusahaan industri keuangan terkemuka di Indonesia, yang merupakan bagian dari grup korporasi Jepang, menyediakan layanan keuangan terintegrasi termasuk asuransi, multifinance, perbankan, sekuritas, fintech, dan layanan lainnya. Secara umum, perusahaan ini menawarkan dua layanan utama: pembiayaan kebutuhan keuangan nasabah seperti biaya pendidikan, pernikahan, kesehatan, renovasi rumah hingga liburan; dan pembiayaan kendaraan bermotor roda empat atau lebih. 

Tantangan Bisnis 

Perusahaan ini menghadapi tantangan dalam mengelola dan mengonsolidasikan file share mereka yang tersebar di beberapa server. Sistem yang digunakan sebelumnya adalah Windows SMB File Share dan NFS File Share. Beberapa kendala yang dihadapi perusahaan ini meliputi: 

File Share Tersebar di Beberapa Server dan Tidak Terpusat 

Dalam layanan pembiayaan keuangan nasabah, seperti pembiayaan biaya pendidikan, pernikahan, dan kesehatan, data nasabah tersebar di berbagai server. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam mengakses data secara cepat dan efisien ketika dibutuhkan oleh berbagai departemen yang berbeda, misalnya, tim customer service dan tim keuangan. Ketidaktersediaan data yang terpusat juga menghambat proses verifikasi dan persetujuan yang cepat. 

Kesulitan dalam Melakukan Backup dan Pengarsipan Data 

Dalam menyediakan layanan pembiayaan kendaraan bermotor, perusahaan harus menyimpan dan mengelola berbagai dokumen penting seperti bukti kepemilikan kendaraan, dokumen asuransi, dan kontrak pembiayaan. Ketika file-file ini tersebar di berbagai server, proses backup dan pengarsipan menjadi rumit dan rentan terhadap kesalahan. Risiko kehilangan data atau data yang rusak sangat tinggi, yang dapat berdampak negatif pada layanan pelanggan dan kepatuhan terhadap regulasi. 

Kompleksitas dalam Pengelolaan Data yang Mengakibatkan Inefisiensi Operasional 

Dalam operasional harian, berbagai divisi membutuhkan akses cepat dan mudah ke data untuk analisis, pelaporan, dan pengambilan keputusan. Dengan sistem file share yang tidak terpusat, pengelolaan data menjadi sangat kompleks dan memerlukan banyak waktu serta sumber daya untuk memastikan data selalu tersedia dan up to date. Inefisiensi ini dapat menghambat kemampuan perusahaan untuk merespons pasar dan kebutuhan nasabah dengan cepat. 

NetApp Storage FAS2720 Adalah Sistem Hybrid-Flash yang Ideal Sebagai Solusi File Share 

Untuk mengatasi masalah ini, Juke Solutions mengimplementasikan NetApp Storage FAS2720 sebagai NAS Storage untuk File Share. Storage NetApp memiliki beragam tingkat penyimpanan.

Dalam kasus ini, Juke Solutions merekomendasikan NetApp Storage FAS2720 sebagai NAS Storage untuk File Share. Karena NetApp FAS2720 adalah sistem hybrid-flash yang ideal untuk backup data, pengarsipan, file share, dan deployment yang membutuhkan kapasitas tinggi. NetApp FAS Series menggabungkan teknologi penyimpanan berbasis SAN dan NAS untuk menghadirkan solusi penyimpanan yang kuat, fleksibel, dan dapat diandalkan. Selain itu, pada NetApp seri FAS ini juga mampu mengelola dan melindungi data dengan efisien. 

Dalam implementasi NetApp Storage FAS2720 ini, Juke Solutions melibatkan migrasi dari sistem lama ke sistem baru yang lebih terintegrasi dan efisien. Proses migrasi ini mencakup beberapa langkah kunci: 

Penilaian Awal dan Perencanaan Migrasi 

Juke Solutions pertama-tama melakukan penilaian menyeluruh terhadap infrastruktur IT yang ada, termasuk jumlah dan jenis file share yang tersebar di berbagai server. Berdasarkan penilaian ini, tim Juke Solutions akan merancang rencana migrasi yang detail, mencakup timeline, sumber daya yang dibutuhkan, dan potensi risiko. 

Penyediaan Infrastruktur dan Konfigurasi NetApp FAS2720 

Setelah perencanaan, langkah berikutnya adalah penyediaan dan konfigurasi sistem NetApp FAS2720. Ini termasuk pengaturan sistem hybrid-flash untuk memastikan optimasi kinerja dalam hal backup data, pengarsipan, dan file share. 

Migrasi Data 

Proses migrasi data dilakukan secara bertahap untuk memastikan tidak ada gangguan pada operasional perusahaan. Data dari Windows SMB File Share dan NFS File Share yang lama dipindahkan ke sistem NetApp FAS2720 yang baru. Selama migrasi, data diuji untuk memastikan integritas dan aksesibilitas. 

Integrasi dan Pengujian Sistem 

Setelah migrasi data selesai, sistem baru diintegrasikan dengan infrastruktur IT yang ada. Pengujian dilakukan untuk memastikan semua file share berfungsi dengan baik dan bahwa pengguna dapat mengakses data tanpa masalah. Tim IT perusahaan juga dilatih untuk mengelola dan memanfaatkan fitur-fitur baru dari NetApp FAS2720. 

Monitoring dan Optimisasi 

Pasca implementasi, Juke Solutions terus memantau kinerja sistem untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana. Kamim juga melakukan optimisasi jika diperlukan untuk memastikan sistem selalu berada pada kondisi optimal. 

Bagaimana NetApp FAS2720 Berdampak Pada Bisnis Perusahaan? 

Dengan adanya solusi dari NetApp yang diimplementasikan oleh Juke Solutions, perusahaan dapat mencapai pengelolaan data yang lebih baik, meningkatkan efisiensi operasional, dan memastikan keamanan serta kolaborasi yang lebih baik di seluruh tim. 

Berikut beberapa dampak yang diperoleh perusahaan dari solusi NetApp: 

Simplicity and Efficiency 

NetApp NAS menyederhanakan pengelolaan data dan skala secara efisien sambil mengoptimalkan biaya. Solusi NAS ini menyediakan operasi yang mulus, efisiensi yang terbukti, dan skalabilitas yang lancar dalam arsitektur terintegrasi. 

Storage Consolidation 

Dengan NAS, perusahaan dapat mengonsolidasikan storage dan memfasilitasi backup serta pengarsipan data. Hal ini sangat penting untuk memastikan data tetap terorganisir dan mudah diakses. 

Security and Collaboration 

NAS memastikan data tetap aman dan hanya dapat diakses oleh pengguna yang berwenang. Selain itu, solusi ini mendorong kolaborasi antar tim, terutama ketika data dapat diakses dari lokasi mana pun. 

Implementasi NetApp Storage oleh Juke Solutions telah terbukti menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi masalah pengelolaan data di perusahaan industri keuangan ini. NetApp NAS tidak hanya menyederhanakan dan meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memastikan keamanan data dan mendukung kolaborasi yang lebih baik di antara tim.  

Juke Solutions Adalah Partner NetApp Terpercaya di Indonesia, Khususnya Dalam File Sharing Service NetApp 

Juke Solutions adalah mitra resmi NetApp di Indonesia. Sebagai partner NetApp di Indonesia, Juke Solutions telah menjalin kerja sama dengan NetApp cukup lama dan mengimplementasikan solusi dan layanan NetApp ke berbagai perusahaan, contohnya seperti dalam layanan berbagi file NetApp di perusahaan industri keuangan. 

Sejak berdiri pada tahun 2012, Juke Solutions telah menunjukkan keunggulannya sebagai penyedia solusi IT dengan pengalaman luas dalam mengimplementasikan teknologi, salah satunya NetApp, di berbagai industri. Dengan tim profesional yang berkompeten dan berpengalaman, Juke Solutions tidak hanya menyediakan solusi penyimpanan yang andal dan efisien, tetapi juga memastikan bahwa setiap implementasi disesuaikan dengan kebutuhan spesifik klien.  

Reputasi kami sebagai penyedia layanan IT terbaik, diperkuat oleh keberhasilan proyek-proyek besar yang melibatkan migrasi dan integrasi sistem penyimpanan canggih, seperti NetApp FAS Series, yang telah membantu banyak perusahaan meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan data mereka. Komitmen Juke Solutions untuk memberikan layanan terbaik dan solusi teknologi mutakhir menjadikannya pilihan utama bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mencari mitra IT yang dapat diandalkan. 

Apabila Anda membutuhkan solusi dari NetApp atau layanan IT lainnya, Anda dapat menghubungi tim ahli kami untuk memberikan konsultasi terbaik secara gratis. Hubungi kami sekarang!